Berbondong-bondong Masuk Agama Allah

Primary tabs

Setelah perjanjian Hudaibiah, kemudian disusul Fathu Mekkah lalu dikuatkan oleh kemenangan perang Tabuk. Semakin nyatalah kemenangan dakwah Rasulullah  Beban dakwah yang sejak awal dipikul sedemikian berat, penuh dengan rintangan dan cobaan, beliau  dan para sahabatnya lalui dengan penuh kesabaran dan keuletan, diimbangi dengan strategi dan rencana matang, akhirnya membuahkan hasil yang sangat menggembirakan. Yaitu eksisnya agama Allah di Iazirah Arabia. Hal tersebut tampak dengan semakin berbondong-bondongnya orang yang masuk Islam.

Sebagai perbandingan, tentara kaum muslimin ketika terjadi pteanjian Hudaibiah berjumlah tak lebih 3000 orang, namun dua tahun kemudian pada peristiwa Fathu Mekkah sudah beljumlah 10.000 orang, lalu belum genap setahun kemudian pada perang Tabuk sudah berjumlah 30.000 orang dan akhirnya pada peristiwa Haji Wada’, hadir lautan manusia dari kaum muslimin waktu itu, yang berjumlah 144.000 orang.

Pada sekitar tahun-tahun tersebut (tahun 9~10 H), berdatangan utusan-utusan dari berbagai suku Arab untuk menyatakan Keislamannya. Tak kurang terdapat 70 utusan yang datang kepada Rasulullah